Sabtu, 08 Oktober 2011

Kiat Menyusun Kalimat Efektif

Ada beberapa kiat dalam menyusun kalimat efektif yang dapat anda lakukan. Kiat tersebut perlu kita pahami agar kalimat yang kita buat menjadi kalimat efektif. Ada tiga kiat yang akan dibahas pada tulisan ini, antara lain :
  • Kiat Pertama, Kiat Pengulangan
Untuk menghasilkan sebuah kalimat yang efektif, kiat pengulangan digunakan untuk memperlihatkan bagian yang diutamakan dalam kalimat. Dengan pengulangan tersebut kalimat yang kita ulang menjadi lebih menonjol. Pengulangan tersebut dapat diperlihatkan dalam sebuah kalimat seperti contoh di bawah ini :


Untuk mencapai cita-cita diperlukan semangat, semangat, dan sekali lagi semangat.


Pengulangan tidak harus dengan bentuk yang sama, pengulangan dapat dilakukan dengan bentuk yang berbeda. Sehingga pengungkapan menjadi bentuk yang bervariasi. Variasi bertujuan untuk lebih menonjolkan informasi, juga membuat tuturan menjadi lebih segar. Pengulangan dapat kita lakukan dengan sinonim, juga pada untaian kata.
  • Kiat Kedua, Pengedepanan
Dalam menyampaikan informasi pengedepanan bertujuan untuk menunjukkan bahwa hal yang dikedepankan itu penting. Jika ada kepentingan menonjolkan informasi, bagian yang berisi informasi ditampilkan pada bagian awal kalimat seperti contoh di bawah ini :


Belajar dapat menambah ilmu pengetahuan.  Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari.
  • Kiat Ketiga, Penyejajaran
Untuk membuat kalimat efektif dapat kita lakukan penyejajaran. Penyejajaran menimbulkan kesan bahwa unsur yang disejajarkan itu penting, seperti contoh kalimat di bawah ini :


Menulis bukanlah pekerjaan yang sulit dilakukan. Menulis bukanlah momok, yang membuat orang ketakutan, Menulis adalah kegiatan kreatif mengisi waktu luang.


Hal yang perlu kita perhatikan dalam penyejajaran adalah konsistensi, yang terdiri dari konsistensi kategori dan konsistensi struktur. Konsistensi kategori ditampilkan pada kategori kata, jika penjejajarn dilakukan pada kata kerja, selanjutnya juga dengan kata kerja. Misal kata melirik, anggota selanjutnya adalah melihat, memperhatikan, melototi, dan sebagainya. Konsistensi struktur dapat dilihat pada struktur bentukan. Misalnya me-kan, kata melakukan anggota selanjutnya adalah melarikan, meletakkan, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More