Selasa, 04 Oktober 2011

Gerhana Bulan

 Gerhana bulan terjadi karena bulan masuk ke daerah bayangbayang bumi. Bulan, bumi, dan matahari terletak pada satu garis lurus. Pada posisi tersebut bulan tertutup oleh bayang-bayang bumi. Bayangbayang bumi dapat dibedakan menjadi bayangan inti (umbra) dan bayangan kabur (penumbra).


Daerah umbra adalah daerah gelap yang dilalui bayangan inti bumi. Sedangkan daerah penumbra adalah daerah agak terang yang dilalui bayangan inti bumi. Gerhana bulan terjadi pada waktu malam bulan purnama.


Gerhana bulan dibedakan menjadi gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan total. Gerhana bulan sebagian disebut juga gerhana bulan parsial. Saat terjadi gerhana bulan sebagian, bulan yang seharusnya tampak bulat penuh, hanya tampak sebagian . Namun, karena bulan dan bumi berevolusi dan berotasi, maka bulan akan tampak utuh lagi.
Gerhana bulan total terjadi jika bulan secara penuh masuk ke dalam umbra. Gerhana bulan total berlangsung selama + 6 jam. Selama + 1 jam 40 menit melintasi daerah umbra, kemudian + 4 jam 20 menit di daerah penumbra.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More